Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO

Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO

Mobil adalah salah satu aset berharga bagi Anda, Anda pasti sangat setuju dengan pernyataan ini karena harga mobil sendiri yang tidak bisa dikatakan murah dan bisa menyebabkan kerugian jika terjadi suatu resiko padanya. Saat terjadi kemungkinan yng bisa saja terjadi terhadap mobil yang dapat menyebabkan mobil tersebut rusak, maka ada dua jenis hal yang dapat melindungi mobil anda. Diantaraya adalah asuransi mobil dan garansi mobil. Dari kedua jenis perlindungan untuk mobil anda ini dapat dijadikan pilihan ketika musibah tengah menimpa.Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi untuk Anda pilih sebelum Anda membeli asuransi mobil. Kedua jenis Untuk asuransi mobil tersebut adalah Perlindungan All Risk dan Total Loss Only (TLO). Sebelum Anda memilih jenis asuransi mana yang Anda gunakan, suidah pasti Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud oleh asuransi-asuransi tersebut.

Ulasan 2 Jenis Asuransi Mobil

Jenis Asuransi mobil TLO merupakan singkatan dari Total Loss Only. Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa memperkirakan bagaimana jenis asuransi ini bekerja. Asuransi ini merupakan asuransi yang memberikan pertanggungan untuk resiko mobil yang “total” mengalami kerusakan, atau yang benar-benar mengalami rusak parah, dimana tingkat kerusakannya harus melebihi dari 75 % jika anda ingin memperoleh pertanggungan asuransi untuk mobil anda. Selain kerusakan yang seperti itu, TLO juga dapat memberikan pertanggungan untuk kehilangan mobil.Sementara itu, untuk asuransi mobil All Risk, merupakan asuransi yang bisa memberikan pertanggungan untuk segala jenis resiko yang bisa saja terjadi pada mobil Anda, walaupun tentunya asuransi tersebut mempunyai ketentuan-ketentuan atau prasyarat lagi untuk mobil yang dapat diberikan pertanggungan. Ada beberapa kondisi dan keadaan dimana resiko pada kerusakan mobil itu tidak dapat ditanggung oleh pihak perusahaan jasa asuransi. Resiko tersebut bisa meliputi:

  • rusak akibat kecelakaan karena melanggar peraturan lalu lintas,
  • rusak karena bencana alam,
  • rusak karena segala jenis kerusuhan, dan lainnya.

Namun, jangan Anda khawatir dan risau karena resiko-resiko tersebut masih bisa mendapatkan pertanggungan dari perusahaan jasa asuransi jika Anda menggunakan perluasan jaminan asuransi yang anda gunakan.Yang dimaksud dengan perluasan jaminan asuransi yakni perluasan jaminan-jaminan pokok dari asuransi yang Anda beli dan gunakan itu. Asuransi untuk mobil biasanya tidak menyediakan penjaminan untuk bersenang-senang, tapi Anda bisa memperolehnya dengan menggunakan perluasan jaminan. Nah, jika asuransi mobil yang Anda pilih dan gunakan adalah asuransi All Risk lalu ditambah dengan perluasan jaminan, maka asuransi tersebut menjadi asuransi Comprehensive. Dengan kata lain, bis dibilang asuransi Comprehensive adalah penggabungan dari jaminan asuransi All Risk dengan jaminan perluasan. Karena kelengkapan penjaminannya untuk mobil dibandingkan dengan dua asuransi lain (TLO dan All Risk), tidak heran jika asuransi ini mempunyai harga premi yang lebih tinggi dibanding yang lain. Jenis Asuransi mobil TLO sendiri merupakan jenis asuransi dengan harga yang paling murah, dan All Risk berada di rate diantara keduanya.Meskipun demikian, bukan berarti jenis-jenis asuransi mobil diatas menjadi lebih unggul dibanding asuransi yang lain karena kesemua dari jenis asuransi dan jaminan yang dimilikinya itu mempunyai keunggulannya masing-masing. Lagipula, yang terpenting adalah: Anda memiliki perlindungan dan penjaminan untuk mobil Anda. Dibandingkan jika tidak menggunakan dan memiliki asuransi sama sekali sehingga Anda tidak mempunyai perlindungan apa pun untuk mengantisipasi kerugian dan resiko yang mungkin terjadi.