Apa Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru?

Apa Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Mobil Baru

Di tengah keadaan ekonomi yang bisa dibilang semakin sulit, namun tetap banyak orang yang ingin menikmati kehidupan yang layak atau menengah ke atas. Salah satu contohnya adalah mereka yang ingin memenuhi kebutuhan tersiernya yaitu seperti ingin memiliki mobil. Saat ini mobil merupakan salah satu dari sekian banyak transportasi darat yang nyaman digunakan untuk kepentingan pribadi. Untuk yang memiliki penghasilan cukup, bagi mereka sangat memungkinkan untuk membeli alat transportasi ini secara seketika, tetapi untuk yang masih dalam tahap menengah tentunya masih perlu usaha lebih untuk memenuhi kebutuhan tersiernya. Bagi yang membutuhkan alat transportasi ini, sebenarnya tetap bisa didapatkan dengan mengandalkan banyaknya fasilitas seperti kredit mobil.

Perbedaan Kredit Mobil Bekas dengan Baru

Berbicara mengenai kredit mobil, yaitu dengan kredit mobil baru dan kredit mobil bekas. Untuk yang menginginkan mobil dengan tampilan baru, kita bisa memilih kredit mobil baru. Sedangkan untuk yang memiliki penghasilan terbatas dan hanya menginginkan kendaraan yang bisa digunakan bisa cukup dengan memilih mobil bekas. Sebenarnya apasih perbedaan dariĀ  kredit mobil bekas dengan mobil baru, berikut uraiannya:

  • Baik bank atau lembaga jasa keuangan yang akan memberikan dana kredit bagi nasabahnya pasti mempertimbangkan resiko yang mungkin terjadi, di sini kredit mobil bekas memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit mobil bekas. Sehingga, biasanya baik bank maupun lembgaa akan memberikan bunga yang lebih tinggi pada kredit mobil bekas.
  • Salah satu hal yang wajib kita laukan saat ingin melakukan kredit mobil yaitu membayar uang muka. Besaran uang muka biasanya bergantung pada peraturan yang berlaku di bank atau lembaga yang kita pilih. Biasanya besarannya yaitu 25% dari harga pembelian mobil, di sini uang muka yang perlu kita keluarkan untuk melakukan kredit mobil baru akan lebih besar dari pada kredit mobil bekas yaitu dua kali lipat dari uang muka kredit mobil bekas.
  • Ketika kita memilih kredit mobil baru kita akan mendapatkan salah satu fasilitas yaitu garansi yang masih berlaku dna untuk kredit mobil bekas kita juga tetap bisa mendapatkan garansi dengan membeli polis asuransi untuk mobil bekas kita.
  • Membeli mobil baru dnegan kredit tentunya akan memberikan kita manfaat terutama saat kita ingin menjualnya kembali karena harga jual dari mobil tersebut masih lebih kompetitif jika dibandingkan dengan mobil bekas.
  • Dari segi kondisi mobil dan biaya perawatan pastinya kredit mobil baru lebih membuat kita tenang karena keadaan mobil yang masih fresh dan prima. Sedangkan pada mobil bekas kemungkinan pada awal kita membeli kita bisa mengeluarkan biaya untuk melakukan perawatan, mengingat kondisi mobil yang sudah pernah dipakai.

Jadi bagi masyarakat yang memiliki kemampuan keuangan yang terbatas, pengajuan kredit kepemilikan kendaraan bisa menjadi sebuah pilihan tepat untuk memiliki sebuah mobil dengan cepat baik untuk mendapatkan mobil yang masih baru maupun bekas. Tentunya dalam melakukan pembelian mobil kredit ini bisa kita jadikan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan di tengah dana yang terbatas. Kredit mobil baik baru maupun bekas akan sepatutnya kita lakukan dengan teliti sehingga biaya besar yang kita keluarkan tidak akan bertambah bengkak, terutama jika kita memilih mobil bekas. Baik kredit mobil bekas ataupun baru, keduanya akan membantu kita memenuh kebutuhan jika memberikan manfaat yang maksimal.